Pernyataan Jim Geovedi Tentang Cyber War | neWBie

Posted by Unknown Kamis, 21 November 2013 5 komentar
newbie
neWBie12
    Kali ini saya mau mebahas sebuah berita yang sangat HOT akhir-akhir ini , yaaap pasti kalian sudah tau "CYBER WAR" antar Indonesia dengan Australia, sekian banyak berita kamu pasti sudah tau asal muasal peneyebab dari sebuah "kesalah pahaman" (menurut saya pribadi). masalah penyadapan yang di lakukan oleh badan intelejen australia yang katannya juga di dalangi oleh AME*RIK*.

    sudah terjadi sekitar tahun 2009 dan dilakukan sekitar 15 hari, informasi ini pun di beberkan oleh seorang yang menjadi buronan amerika yang saat ini di lindungi dan menetap di RUSIA yaitu Edward Snowden dan ini adalah jawaban dari seorang ahli keamanan dalam bidang cyber dari Indonesia yaitu JIM GEOVEDI memberikan statmennnya tentang masalah ini yang saya kutip dari https://gist.github.com/geovedi/e97f900e56dcb661394a .


++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Terima kasih untuk kalian yang sudah mengirimkan pesan kepada saya lewat surel, Twitter, Facebook dan SMS. Ini tanggapan saya untuk semua pertanyaan, pernyataan dan ajakan kalian.
Ya, saya serius.
Perang siber adalah istilah yang besar dan serius
Apa saja aktivitas dalam sebuah perang siber (cyberwar)? Jika mengikuti definisi "perang" secara umum yang disesuaikan dengan media siber, maka ada beberapa hal yang akan terjadi.
Pertama, akan terjadi serangan yang memakan korban, dalam hal ini adalah serangan terhadap sistem komputer yang sangat berbahaya dan menimbulkan jatuhnya korban jiwa. Jika hanya menimbulkan kerugian material, sebuah aksi ekonomi pun bisa menimbulkan kerugian dalam jumlah besar, oleh karena itu kerugian material belum bisa menjadi indikasi terjadinya sebuah perang siber.
Kedua, sebuah aksi perang siber harus bersifat instrumental (punya tujuan). Dalam konfrontasi militer, satu pihak akan memaksakan pihak yang berseberangan untuk melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan.
Ketiga, perang siber harus bersifat politik. Deklarasi perang adalah mutlak hak istimewa pemimpin negara dan bukan hak anak-anak yang bahkan belum punya hak pilih dalam pemilihan umum di negaranya walaupun mereka meyakini aksi mereka adalah untuk kepentingan negara dan bangsa.
Sampai hari ini, belum satupun serangan siber yang memenuhi persyaratan tersebut. Tidak satu pun. Belum ada seorang manusia yang menjadi korban seketika sebagai akibat serangan siber. Belum ada satu negara pun yang menyatakan perang siber secara resmi. Bahkan belum ada para pelaku penyerangan siber (yang disponsori oleh negara) ke negara lain secara terang-terangan mengakui aksinya.
Penyadapan, penyusupan dan pengintaian bukanlah hal baru
Telik sandi (mata-mata) bukanlah mahluk-mahluk yang baru "tercipta" semata-mata untuk peperangan. Mereka ada bahkan ketika negara sedang dalam kondisi aman dan tenteram.
Tidak ada satu negara pun yang tidak memiliki telik sandi atau tidak menguasai kemampuan memata-matai.
Penyadapan, penyusupan dan pengintaian tidak selalu bergantung terhadap teknologi
Walaupun teknologi sering menjadi alat bantu maupun menjadi target, bukan berarti penyadapan bergantung terhadap penguasaan teknologi. Banyak metode konvensional yang dapat dilakukan, salah satunya adalah perekrutan agen ganda.
Jika anda tertarik dengan teknik persandian, mengapa tidak bergabung dengan Lemsaneg? Indonesia membutuhkan banyak telik sandi.
Ada pihak-pihak yang lebih berwenang
Percaya ada tidak, Indonesia punya pihak-pihak yang lebih berwenang dan lebih mampu untuk menangani masalah ini. Permasalahan bilateral antar negara tidak semudah layaknya permasalahan dua RT yang sedang berselisih paham.
Jika anda merasa pemerintah tidak kompeten dalam mengurusi permasalahan ini, silakan melakukan protes kepada para petinggi negara dan tidak melakukan tindakan sporadis yang justru akan membahayakan hubungan negara.
Jika masih bersikeras, silakan pikirkan beberapa hal berikut:
Coba untuk tidak munafik dan tidak jadi pahlawan kesiangan, penyadapan bukan hal baru, Indonesia jugamelakukannya.
Informasi penyadapan diperoleh dari dokumen yangdibocorkan Edward Snowden. Sebelum dokumen tersebut bocor, apakah kalian menyadari aktivitas memata-matai antar kedua negara telah terjadi?
Akibat aktivitas serangan siber lebih banyak merugikan pihak-pihak yang tidak bersalah maupun terlibat dalam kegiatan mata-mata. Jika anda adalah pihak yang merasa tidak terlibat namun menjadi korban, apakah anda bisa tidur tenang malam ini?
Apa yang bisa anda lakukan?
Mudah saja.
Membayar pajak dan mengawasi pengunaannya. Galakkan pemberantasan korupsi di segala bidang.
Tetap tenang dan tidak terpengaruh pemberitaan dari media kacangan yang penuh dengan agenda.
Hentikan semua aksi yang meminta saya atau orang lain melakukan tindakan bodoh.
Simpan pidato nasionalisme kalian buat Pemilu tahun depan
Saya tidak punya rasa nasionalisme?
Benar, saya tidak punya lagi. Dulu pernah punya, tapi sedikit.
Ketika punya sedikit, saya pernah khilaf dengan selalu membela parahacker dari anggapan miring media dan masyarakat luas dan telah berusaha meyakinkanbanyak orang bahwa profesi hacker bisa menghasilkan pendapatan yang mungkinlebih dari cukup. Juga pernah khilaf karena berusaha meyakinkan pemerintah Indonesia untuk bisa merangkul hacker dan menjadikannya aset pertahanan negara serta lupa diri dengan menyampaikan materi seputar kewaspadaan keamanan informasi keliling Indonesia, di ratusan acara seminar dan konferensi.
Jadi benar, saya tidak punya rasa nasionalisme seperti halnya para pejabat yang korup dan wakil rakyat yang kalian pilih.
Apa? Kamu belum pernah menggunakan hak pilih?
============================================================

newbie
neWBie12
  Bisa di lihat sebuah ketenangan dalam menjawab masalah ini(soo pasti dia kan udah berpengalaman) dan saya pun tertarik dengan kalimat terakhir di atas, terlihat JIM mengetahui kalok "hacker" indonesia yak sok"sokan ikut "ACARA" ini kebanyakan masih di bawah umur 17 tahun dan tentunnya sangat ingin terkenal dengan membawa nama negara apalagi dalam bidang hacking, jujur saya juga ikut - ikutan dalam masalah ini tapi tidak sampai mendeface website-website yang besar (maklum newbie) karena saya mau ikut belajar, dan bukan cuma ilmu "hacking" yang bisa di pelajari dari masalah ini, tapi juga cara berpikir DEWASA dan sayapun jadi teringat dengan sebuah kalimat yang dulu GURU saya sering katakan yaitu "tau mana yang BISA dan boleh di lakukan dan mana yang bisa tapi tidak oleh di lakukan" sebuah kata -kata yang pas dengan masalah ini, cukup sekian yang bisa saya berikan informasinya jadi kalok ada yang tidak berkenan mohon di maklumi, ini cuman sedikit curahan hati(lebay) saya.,.hehhe so lets thinking again, Jangan lupa untuk bergabung di FANSPAGE FACEBOOK blog ini, agar bisa mendapatkan lebih cepat langsung di MEDIA SOSIAL FACEBOOK dengan cara klik like yang ada di sebelah kanan tersebut.
thank's.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pernyataan Jim Geovedi Tentang Cyber War | neWBie
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://naghamatir.blogspot.com/2013/11/pernyataan-jim-geovedi-tentang-cyber.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

ryano93 mengatakan...

wahh keren gan, hacker no 1 di Indonesia pun ikut angkat bicara..
thx for share gan :D

Unknown mengatakan...

kalok menurut saya di dunia hacking itu gak ada yg nomer 1. gan.
di atas langit masih ada langit.,.
thanks udah coment

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasinya gan, niche post. . . . . .

Unknown mengatakan...

hehehe.,.,
sama" gan../

Anonim mengatakan...

Yakin beliau hacker nomer 1 di indonesia.? indonesia gudangnya org cerdas dan kreative

Posting Komentar

Peraturan Dalam Berkomentar :
1. Berkomentar yang sopan dan berbobot
2. Jangan menulis link aktif maupun yang tidak aktif karena nanti akan Admin hapus
3. Tidak mengandung unsur SARA
4. Jangan sungkan jika ingin meminta sebuah file yang ingin kamu download dari blog ini karena akan saya usahakan untuk di post

Belajar SEO dan Blog support Blogger neWBie12 - Original design by Bamz | Copyright of neWBie | Free Download .